
Tes Bakat dan Minat: Langkah Awal Kenali Potensi Murid Baru Bersama Biro Psikologi Lisa Mitra Mandiri Surabaya
SMK Muhammadiyah 2 Palembang — Dalam rangka mengenali potensi siswa secara lebih mendalam sejak awal masa pendidikan, SMK Muhammadiyah 2 Palembang bekerja sama dengan Biro Psikologi Lisa Mitra Mandiri menyelenggarakan kegiatan Tes Minat dan Bakat bagi seluruh peserta didik baru tahun ajaran 2025/2026. Kegiatan ini dilaksanakan pada Selasa, 24 Juni 2025, bertempat di lingkungan sekolah.
Tes ini dirancang untuk mengukur berbagai aspek kepribadian, gaya belajar, dan potensi intelektual siswa. Pelaksanaan kegiatan sepenuhnya difasilitasi oleh tim profesional dari Biro Psikologi Lisa Mitra Mandiri.
Kepala Sekolah SMK Muhammadiyah 2 Palembang, Ibu Febriyana, S.Pd., menyampaikan bahwa pelaksanaan tes ini menjadi langkah awal untuk menyusun strategi pembelajaran berdiferensiasi yang sesuai dengan kebutuhan dan potensi siswa.
“Kami percaya bahwa setiap siswa memiliki potensi unik. Melalui kerja sama dengan Biro Psikologi Lisa Mitra Mandiri, kami berharap dapat membantu siswa menemukan arah pengembangan diri yang tepat, baik secara akademik maupun karier,” ujar Ibu Febriyana.
Para peserta didik tampak antusias dan serius mengikuti setiap sesi. Proses dimulai dengan pengarahan dari tim psikolog, dilanjutkan dengan pengisian instrumen tes, dan diakhiri dengan penjelasan umum mengenai hasil tes yang akan diterima sekolah dan orang tua.
Salah satu tim dari Biro Psikologi Lisa Mitra Mandiri Surabaya, Herman Abdullah, A.Md.,Kom.,S.Psi.,AAP.,CHRM.,CTR., menjelaskan bahwa hasil tes ini akan menjadi bahan pertimbangan dalam pendampingan belajar, pemilihan jurusan, hingga perencanaan karier siswa di masa depan. Dengan adanya data potensi dan minat ini, sekolah dapat melakukan pemetaan yang lebih tepat dalam memberikan layanan pendidikan yang optimal.
Kegiatan ini menjadi bagian penting dari upaya SMK Muhammadiyah 2 Palembang dalam mewujudkan pendidikan yang berbasis pada potensi, minat, dan kebutuhan individu siswa.
Editor : DK/AM